Rabu, 16 Maret 2011

Tahapan dalam menulis KTI


Langkah-langkah menulis karya ilmiah sebagai berikut:

A. Memilih Topik dan Tema

Topik adalah bidang medan atau lapangan masalah yang akan digarap dalam karya tulis atau penelitian. Sementara tema diartikan sebagai pernyataan sentral atau pernyataan inti tentang topik yang akan ditulis. Topik yang memang masih terlalu luas harus dibatasi menjadi sebuah tema.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan topik adalah berikut ini.

1. Isu-isu yang masih hangat.

2. Peristiwa-peristiwa nasional atau internasional.

3. Sesuatu (benda, karya, orang, dan lain-lain) yang dikaitkan dengan permasalahan politik, pendidikan, agama, dan lain-lain.

4. Pengalaman-pengalaman pribadi yang berbobot. Dalam pertimbangan ini bila akan menulis karya ilmiah bidang pendidikan maka yang menjadi pertimbangan adalah topik tentang pendidikan.

Cara yang mudah untuk mencari topik adalah dengan membaca secara cepat berbagai sumber informasi, khususnya tentang pendidikan. Hal ini bertujuan antara lain:

1. menetapkan topik yang akan dikembangkan,

2. mencari kemungkinan terdapatnya sumber sebanyak mungkin, dan

3. mencari verifikasi yang memungkinkan dilaksanakannya kegiatan penulisan atau penelitian.

Selanjutnya penulis perlu membatasi topik. Karena itu, penulis hendaknya:

1. memilih salah satu aspek khusus dari topik yang menjadi pilihannya,

2. membatasi waktu dan ruang dari aspek yang telah dipilihnya, dan

3. memilih peristiwa khusus dari pembatasan tersebut.

B. Melakukan observasi dan menetapkan masalah dan tujuan

Melakukan pengamatan atas obyek yang diteliti. Menetapkan masalah dan tujuan yang akan diteliti dan dijadikan karya ilmiah. Langkah ini merupakan titik acuan dalam proses penulisan atau penelitian

C. Menyusun hipotesis

Langkah-langkah menulis karya ilmiah yang selanjutnya adalah menyusun dugaan-dugaan yang menjadi penyebab dari obyek penelitian. Hipotesis ini merupakan prediksi yang ditetapkan ketika sedang mengamati obyek penelitian.

D. Menyusun rancangan penelitian

Selanjutnya menyusun rancangan penelitian sebagai langkah keempat dari langkah-langkah menulis karya ilmiah. Ini merupakan kerangka kerja bagi penelitian yang dilakukan.

E. Melaksanakan percobaan berdasarkan metode yang direncanakan

Dari langkah-langkah menulis karya ilmiah yang merupakan kegiatan nyata dari proses penelitian dalam bentuk percobaan terkait penelitian yang dilakukan. lakukan percobaan yang signifikan dengan obyek penelitian.

F. Melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data

Setelah melakukan percobaan atas obyek penelitian dengan metode yang direncanakan, maka selanjutnya adalah melakukan pengamatan terhadap obyek percobaan yang dilakukan tersebut. Apa yang terjadi pada obyek penelitian. ini merupakan langkah-langkah menulis karya ilmiah yang keenam.

G. Menganalsis dan menginterpretasikan data

Langkah-langkah menulis karya ilmiah selanjutnya, yaitu menganalisa dan menginterpretasikan hasil pengamatan yang sudah dilakukan. Cobalah untuk menginterpretasikan segala kondisi yang terjadi pada saat pengamatan. Di langkah ini coba untuk meneliti dan memperkirakan apa yang terjadi dari pengamatan dan pengumpulan data.

H. Merumuskan kesimpulan dan atau teori

Merumuskan kesimpulan atau teori mengenai segala hal yang terjadi selama percobaan, pengamatan, penganalisaan dan penginterpretasian data. Langkah ini mencoba untuk menarik kesimpulan dari semua yang didapatkan dari proses percobaan, pengamatan, penganalisaan, dan penginterpretasian terhadap obyek penelitian.

I. Melaporkan hasil penelitian

Langkah terakhir dari langkah-langkah menulis karya ilmiah adalah melaporkan hasil penelitian. Dan, langkah inilah yang sesungguhnya merupakan proses penulisan karya ilmiah.

Jika ingin melakukan proses penyusunan karya tulis ilmiah, maka setidaknya langkah-langkah menulis karya ilmiah ini bisa di pahami dan terapkan. Dengan demikian, maka proses penulisan yang telah dibuat benar-benar obyektif dan berguna bagi kehidupan masyarakat. Dan, ini merupakan kontribusi konkrit kita kepada masyarakat.

Oleh karena itulah, maka setiap orang seharusnya mempunyai kemampuan menulis karya ilmiah yang signifikan dengan kebutuhan masyarakat.

Sumber:

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2060113-langkah-langkah-penulisan-kti/

http://www.anneahira.com/langkah-langkah-menulis-karya-ilmiah.htm

Tidak ada komentar: